Senin, 23 April 2018

Cuci Muka, Mengusir Atau Justru Bikin Jerawatan?



Jerawat adalah hasil produksi kelenjar minyak yang berlebih dan menyumbat pori-pori. Jerawat merupakan kondisi peradangan yang kronis, dan bisa diakibatkan oleh berbagai macam faktor. Mulai dari faktor psikologis, hormon tidak seimbang, penggunaan obat-obatan atau produk kecantikan, kebersihan, sampai faktor keturunan.

Salah satu kunci untuk memiliki kulit yang bebas dari jerawat adalah dengan menjaga kebersihan muka. Karena itu selama ini Anda mungkin menjaga kebersihan dengan sering-sering cuci muka. Namun, apa benar sering cuci muka bisa mengusir jerawat lebih cepat dan efektif? Eits, nanti dulu.

Mencuci muka memang memiliki peranan penting dalam mencegah munculnya jerawat. Namun, mencuci kulit wajah maupun badan cukup dilakukan dua kali sehari. Mengapa? Pembersih wajah seperti sabun berguna untuk menghilangkan minyak-minyak.

Memang, jerawat disebabkan oleh produksi minyak berlebih. Namun, kulit wajah sebenarnya tetap membutuhkan minyak untuk menjaga kulit agar tetap lembab. Mencuci muka berkali-kali dengan sabun justru menyebabkan kulit menjadi kering dan dapat memicu timbulnya jerawat.
  • Sering Cuci Muka
Bahan kimia yang ada di cairan pembersih wajah juga bisa membunuh bakteri-bakteri baik yang secara alamiah melindungi kulit wajah dari bakteri jahat. Ini karena cairan pembersih atau sabun muka tertentu tidak bisa membedakan mana bakteri baik dan bakteri jahat.
Selain itu, mencuci muka berkali-kali dengan sabun dapat menyebabkan acne detergicans, yaitu kondisi di mana jerawat timbul akibat reaksi terhadap zat yang terkandung dalam sabun atau pembersih.
Karena itu, keliru kalau Anda selama ini terlalu sering cuci muka untuk membersihkan jerawat. Bila sedang ada jerawat, cuci muka Anda dua kali sehari seperti biasa.

  • Gunakan Pembersih Wajah

Pembersih wajah yang ideal bisa mengangkat kotoran, minyak, keringat, kuman, dan sel-sel kulit mati. Namun, di lain sisi juga harus tetap mempertahankan kelembaban kulit dan tidak menyebabkan iritasi. Pembersih wajah yang cocok untuk kulit berjerawat adalah yang tidak menyumbat pori, tidak menyebabkan jerawat, tidak mengiritasi, dan tidak menyebabkan alergi.
  • Cara Cuci Muka yang Benar ?
Banyak produk kosmetik maupun kotoran-kotoran yang tidak larut dengan air. Jadi kalau mencuci muka hanya dengan air, tidak akan membantu mengangkat kotoran. Cuci muka cukup dengan lembut saja dan menggunakan pembersih wajah yang mengandung pelembab. Mencuci muka dengan cara menggosok dan dengan tenaga yang berlebihan, seperti telah dijelaskan di atas, justru malah membuat jerawat semakin parah.
Sebagai tambahan, baik pada kulit berjerawat ataupun tidak, sebaiknya pemakaian produk-produk seperti toner, scrub, atau exfoliator dikurangi. Ini karena semakin sedikit kulit tersentuh bahan kimia yang tidak berguna, semakin sehat pula kulit wajah Anda.

Sekian Informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar